Pendampingan Trauma Healing Siswa SDN 1 Sambik Bangkol oleh Mahasiswa KKN UM

Rhony Susanto, S. Pd 16 November 2019 10:32:47 WIB

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Tanggap Bencana Universitas Negeri Malang (UM) melakukan kegiatan  pendampingan trauma healing kepada siswa SDN 1 Sambik Bangkol di Desa Sambik Bangkol, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. Pelaksanaan kegiatan tersebut bertempat di SDN 1 Sambik Bangkol pada hari Jumat (8/11/2019).
Dalam kegiatan tersebut mahasiswa KKN mendapatkan dukungan dari bapak ibu guru SDN 1 Sambik Bangkol, Bapak Ahmad selaku guru olahraga mengatakan bahwa guru-guru disana sangat antusias dengan program mahasiswa KKN,  harapannya melalui kegiatan trauma healing  dan edukasi kebencanaan ini dapat bermanfaat terutama memberikan pengetahuan sejak dini kepada anak-anak. Pendampingan siswa dan tindakan trauma healing dirasa perlu diberikan kepada siswa yang terdampak gempa. Hal tersebut karena dampak dari gempa bumi yang terjadi satu tahun silam tepatnya pada hari Minggu (5/8/2018) gempa mengguncang Lombok Utara pada malam hari dengan gempa susulan yang berulang kali terjadi. Situasi malam hari yang mencekam ini pun meninggalkan bekas trauma di hati dan pikiran banyak orang termasuk anak-anak. Dampak dari gempa dapat mempengaruhi psikologis anak karena ketakutan yang dirasakan ketika terjadi gempa.
Oleh karena itu Mahasiswa KKN Tematik Tanggap Bencana Universitas Negeri Malang berupaya melakukan kegiatan trauma healing pada korban terdampak gempa bumi. Salah satu kegiatan yang dilakukan melalui kegiatan belajar prakarya untuk menghilangkan ketegangan pasca gempa, edukasi kebencanaan untuk memberikan pengenalan dan pemahaman tentang potensi bencana sedini mungkin, serta beberapa permainan untuk menghibur anak-anak. Kegiatan ini merupakan salah satu program trauma healing yang canangkan oleh tim KKN Tematik Tanggap Bencana Universitas Negeri Malang pada anak-anak SD sebab mereka belum memiliki kemampuan untuk mengartikulasikan perasaan.

Mahasiswa juga mengenalkan lagu Bencana, dimana dalam lagu tersebut berisi tindakan pertama yang dilakukan ketika terjadi bencana gempa bumi kepada adik SD, yaitu lindungi kepala, berlindung di kolong meja, hindari kaca, dan berlari menuju lapangan. Penyampaian lewat lagu diharap mudah diserap oleh anak anak dan mereka nampak sangat antusias.

“Berdasarkan observasi langsung kepada anak-anak kami berkesimpulan bahwa anak-anak masih syok dengan bencana gempa kemarin, jadi kita melakukan kegiatan seperti game, bernyanyi bersama, dan edukasi mitigasi bencanasebagai salah satu upaya trauma healing kepada anak-anak, hasilnya Alhamdulillah menggembirakan karena anak-anak sangat antusias menyambut kedatangan kami” tukas Thareq, koordinator tim KKN Tematik Tanggap Bencana UM wilayah desa Sambik Bangkol.
“Harapannya kami dapat memberikan banyak manfaat selama kami disini serta memperoleh pengalaman berharga melalui keterlibatan langsung dalam masyarakat,” Tutupnya.

Komentar atas Pendampingan Trauma Healing Siswa SDN 1 Sambik Bangkol oleh Mahasiswa KKN UM

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Pemerintah Desa Sambik Bangkol

Kepala Desa : Jamaludin, S.Sos Sekretaris Desa : Hadianto, S.Pd Kasi Perencanaan : Raden Suryadi Kasi Pelayanan : Aridah Kasi Umum : Ramdan Kasi Pemerintahan : Hamzah. A.md Kadi Kesra : Budiasim Kasi Keuangan : Syekh Abdullah Operator SID : Rhony Susanto, S. Pd

Daftar Pengunjung

Flag Counter

Lokasi Sambik Bangkol

tampilkan dalam peta lebih besar