Salah Satu Bentuk Transparansi Pemdes Sambik Bangkol Memasang Baliho APBDES Murni Ta. 2019

Rhony Susanto, S. Pd 02 Oktober 2019 13:52:53 WIB

Sambik Bangkol_kamis (01/01) 2019 Warga Masyarakat Desa Sambik Bangkol Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara. kini dapat mengakses atau dapat membaca informasi secara langsung tentang besaran anggaran Dana Desa Sambik Bangkol, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. secara mudah dan transparan.

Hal ini dikarenakan  Pemerintah Desa Sambik Bangkol telah memasang Baliho APBDES Murni T.A 2019 yang berukuran 2x3 meter yang terpampang dengan jelas di depan halaman Kantor Desa Sambik Bangkol.

Bapak Abdul Mukhtar S.Pd selaku Pjs Kepala Desa Sambik Bangkol, melanjutkan kegiatan kegiatan yang ditinggalkan oleh Alm, Bapak Jamaludin S,Sos. Selaku kepala desa sebelumnya dimana beliau juga melakukan kegiatan yang seperti ini di tahun – tahun sebelumnya.

Bpk Abdul Mukhtar, S.Pd menuturkan bahwa pemasangan baliho ini adalah salah satu wujud dari transpalasi Aggaran Dana Desa dan juga merupakan salah satu amanat yang di tuangkan dalam Undang-Undang Desa. selain itu peerintah Desa juga wajib memberikan informasi kepada masyarakat, warga desa sambik bangkol khususnya berhak untuk mengetahui pengelolaan Dana Desa. pemasangan baliho ini guna untuk meingkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pengelolaan Dana Desa ujarnya.

Sekdes sambik bangkol Bpk Hadianto, S.pd juga ikut serta dala pemasangan baliho ini bahkan foto sekdes beserta kades sambik bangkol ikut terpampang pada baliho tersebut, beliau mengatakan pada Tahu 2019 ini Desa Sambik Bangkol mendapatkan pendapatan dan belanja desa sebesar Rp. 3.669.174.000 dengan rincian sebagai berikut:

Rencana Pendapatan Asli Desa, 15.000.000

Dana Desa ( DD ), 2.072.038.000

Bagi Hasil Pajak dan Retribusi, 254.766.000

Alokasi Dana Desa ( ADD ) 1.327.370.000

Sebagian besar dana desa dialokasikan untuk Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa sekitar 54,19% atau 1.755.459.000, antara lain, Pembangunan atau Peningkatan Jalan Desa, Pembangunan Saluran Irigasi, Pembangunan Perpipaan dan Sumur Gali, Pembangunan Rumah Kreatif, Rumah TPQ, dan Rumah Posyandu, Penerangan Jalan Dusun, Penyertaan Modal BUMDES, Pengadaan Warles, dan PMT Posyandu

Selain itu Sekdes Sambik Bangkol Bpk Hadianto, S.pd Juga menambahkan bahwa disetiap program pembangunan desa sudah mulai memasang spanduk kecil atau papan plang guna untuk agar masyarakat tau program apa saja yang sedang dibangun oleh desa dengan sumber dana yang telah tertuang di papan plang tersebut, hal ini merupakan salah satu bentuk transparansi pemdes kepada masyarakat agar tidak ada kecurigaan apapun mengenai anggaran ataupun program desa, ujarnya”.

Sementara anggaran lainnya juga dipergunakan dalam bidang lain, misalnya, 3,55% untuk bidang Pembinaan Kemasyarakatan, dan 6,63%nya untuk bidang pemberdayaan masyarakat, dan sebagian juga disihkan untuk bidang-bidang yang terduga.

Dengan harapan semoga masyarakat desa sambik bangkol pada umumnya bisa melihat anggaran yang tertuang dalam grafik ini, agar tidak saling menuding antara masyarakat dengan pemerintah desa , dari anggaran yang sudah ada semua berpihak kepada masyarakat selain itu dengan dibangunnya rabat, talud, salura irigasi, jalan dll bisa memudahkan akses jalan warga dan bedampak bisa meningkatkan hasil pertanian pada masyarakat sambik bangkol.

Pemasangan baliho ini APBDES ini dilakukan oleh pemeritah desa sambik bangkol untuk menindak lanjuti peraturan menteri keuangan serta peraturan daerah mengenai akses transparansi kegiatan APBDES yang wajib dipublikasikan kepada masyarakat desa melalui berita ataupun media sepanduk, atau website. baliho yang berisi angka angka ini, selain dapat mengontrol tranparansi anggaran, juga dinilai dapat mempengaruhi semangat dan kepercayaan warga desa, sehingga warga akan lebih aktif untuk berpartisipasi dalam pembangun desa.

Tujuan dari pemasagan baliho tersebut tak lain agar masyarakat ikut mengawasi penggunaan dana desa. jadi yang ikut mengawasi tidak hanya Babhinkamtibnas tapi juga masyarakat juga ikut serta dalam pengawasan penggunaan dana desa, "ujar kades sambik bangkol," ( R.S )

dokumen lampiran: file excel apbdes

Dokumen Lampiran : Salah Satu Bentuk Transparansi Pemdes Sambik Bangkol Memasang Baliho APBDES Murni Ta. 2019 di Depan Halaman Kantor Desa


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Pemerintah Desa Sambik Bangkol

Kepala Desa : Jamaludin, S.Sos Sekretaris Desa : Hadianto, S.Pd Kasi Perencanaan : Raden Suryadi Kasi Pelayanan : Aridah Kasi Umum : Ramdan Kasi Pemerintahan : Hamzah. A.md Kadi Kesra : Budiasim Kasi Keuangan : Syekh Abdullah Operator SID : Rhony Susanto, S. Pd

Daftar Pengunjung

Flag Counter

Lokasi Sambik Bangkol

tampilkan dalam peta lebih besar