Serah Terima Buku Tabungan BSPS Oleh Kementrian PUPR

Rhony Susanto, S. Pd 01 Oktober 2019 11:13:14 WIB

Sambik Bangkol_ Acara serah terima buku tabungan yang berupa rekening Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya ( BSPS ) Tahun 2019 yang dihadiri langsung oleh Direktur Jendral Penyediaan Perumahan dari Jakarta yaitu Bapak Dr. Ir. H. Khalwi AH., MSC., MM. bertempat di Desa Sambik Bangkol Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara pada hari sabtu ( 21/09/19 ). Yang bekerjasama dengan bank NTB syariah, Bank BTN, PT. Bank Tabungan Negara ( Persero ) Kantor Pusat  dan instansi terkait, kedatangan Direktur Jendral Penyediaan Perumahan beserta rombongan disambut langsung oleh Bupati Kabupaten Lombok Utara Bapak Dr. H. Najmul Akhyar, SH, MH.

Hadir dalam acara serah terima buku tabuangan penerima bantuan BSPS tersebut, Dirjen Penyediaan Perumahan, Bapak Bupati Lombok Utara,  Direktur Human Swadaya, Kasat Penyediaan Human Swadaya, Kasat SMPT Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kepala Dinas Lingkungan Hidup ( LH ), Perkim Kabupaten Lombok Utara, Camat Gangga, Fasilitator Masyarakat Penerima Bantuan BSPS, Pjs Kepala Desa Sambik Bangkol besrta Pemerintah Desa Sambik Bangkol, Kepala Dusun SeDesa Sambik Bangkol, Ketua BPD, Babinkamtibnas Desa Sambik Bangkol dan masyarakat penerima bantuan BSPS.

Masyarakat penerima bantuan BSPS  yang hadir dalam acara serah terima buku tabungan tersebut tidak hanya dari warga masyarakat sambik bangkol saja melainkan dari beberapa desa yang ada di kabupaten Lombok utara diantaranya, warga desa jenggala, kecamatan tanjung, warga desa gondang, kecamatan gangga, warga desa genggelang kecamatan, gangga dan desa sesait kecamatan kayangan, warga desa sambik bangkol yang mendapatkan bantuan BSPS berjumlah 30 orang dengan nilai sebesar 35 juta Rp  per unit rumah, yang tersebar di 14 dusun yang ada didesa sambik bangkol,

Dalam sambutannya Bupati Kabupaten Lombok Utara Bapak Dr. H. Najmul Akhyar, SH, MH menyampaikan terimakasih banyak kepada antusias warga masyarakat yang menyambut kedatangan Dirjen Penyediaan Perumahan, dalam kesempatan itu juga beliu menceritakan  sedikit tentang tragedi gempa bumi yang menggunjang Lombok utara kekuatan 7,0 sr yang terjadi pada tanggal 05 agustus lalu yang mana dalam kurun waktu kurang lebeih dari dua menit saja hampir semua inprastruktur yang ada di kabupaten Lombok utara ini mengalami kerusakan, baik di tingkat kecamatan, tingkat desa maupun di tingkat dusun tidak ada yang tidak terdampak. akibat dari dampak gempa bumi tersebut sekitar 75.636 unit rumah rusak dengan kategori Rusak Berat, Rusak Sedang, dan Rusak Ringan, dan menambahkan sedikit humoris bahwa ada kategori Rumah yang sedang dirusak., imbuhnya sambil tersenyum”,.

Dalam kesempatan itu beliau menyampaikan sempat ada maslah terkait penerima bantuan stimulant rumah untuk korban gempa, ada rumah-rumah warga kita yang memang kondisinya memiliki rumah yang sangat sederhana yang terbuat dari kayu sehingga rumahnya tidak rusak akibat bencana gempa tersebut bahkan ada juga warga kita yang betul-betul tidak mempunyai rumah sehingga masyarakat yang memiliki kondisi seperti itu tidak bisa dimasukkan kedalam penerima rumah bantuan, sehingga pemerintah daerah terus mencarikan solusi agar masyarakat yang seperti itu bisa mendapatkan bantuan dalam waktu yang sama sebagai mana diberikan pemerintah kepada dampak korban gempa, maka diantara solusi muncul lah program bsps dari pemerintah dan beliau sangat bersyukur hari ini dan hari hari berikutnya akan terus dimudahkan ikhtiar kita untuk bisa terus melengkapi dan menambah bantuan perumahan untuk masyarakat kita yang ada di kabupaten Lombok utara ini., “.ungkapnya.

Beliau juga menyampaikan kepada Dirjen Perumahan sebelum gempa pemerintah kabupaten mempunyai program Jum’at bedah Rumah ( Jubah ) dimana dalam satu jum’at bisa membangun beberapa rumah tanpa menggunakan APBD melainkan dari donasi-donasi semua ASN yang ada di kabupaten Lombok utara dan juga para pengusaha yang jumlahnya sudah mencpai hampir 200 unit rumah pada waktu itu. Imbuhnya.

Setelah itu Bapak Bupati Kabupaten Lombok Utara menyerahkan Cindra Mata kepada Dirjen Perumahan yang berupa salah satu produk unggulan dari desa sambik bangkol yaitu kopi samba dan abon ikan, dan mengucapkan selamat datang dikabupaten Lombok utara kepada Dirjen Perumahn.

Sambutan dari Dirjen Perumahan menyampaikan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya ( BSPS ) adalah bantuan bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah untuk mendorong dan meningkatkan keswadyaan dalam peningkatan kualitas rumah dan pembanguna baru, rumah beserta prasarana, sarana, dan utilitas umum, ungkapnya.

Dalam kesempatan itu juga beliau menyampikan dengan harapan masyarakat bersama – sama membangun rumah bukab hanya bantuan dari pemerintah  saja, akan tetapi juga bantuan secara swadaya,” tutunya.

Ditempat yang sama setelah semua acara serah terimah buku rekening secara simbolis kepada masyarakat penerima bantuan beliau melakukan sesi poto bersama dengan Bupati Kabupaten Lombok Utara, Camat Gangga, instansi-instansi yang hadir dalam acara tersebut, beserta Pjs Kepala Desa Sambik Bangkol, Beserta prangkat Desa lainnya. ( R.S ).

Komentar atas Serah Terima Buku Tabungan BSPS Oleh Kementrian PUPR

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Pemerintah Desa Sambik Bangkol

Kepala Desa : Jamaludin, S.Sos Sekretaris Desa : Hadianto, S.Pd Kasi Perencanaan : Raden Suryadi Kasi Pelayanan : Aridah Kasi Umum : Ramdan Kasi Pemerintahan : Hamzah. A.md Kadi Kesra : Budiasim Kasi Keuangan : Syekh Abdullah Operator SID : Rhony Susanto, S. Pd

Daftar Pengunjung

Flag Counter

Lokasi Sambik Bangkol

tampilkan dalam peta lebih besar